Kami berusaha berbagi cara membuat blog, tips ngeblog, dan hal unik lainnya

Mengetik tanpa takut dengan AutoSave Microsoft Word

Mengetik tanpa takut dengan AutoSave Microsoft Word
Pernahkah sobat mengalami kehilangan hasil ketikan? Saya yakin sobat pasti pernah mengalaminya. Tugas kuliahan yang diketik berjam-jam, membutuhkan tenaga serta pikiran, hilang dalam satu detik. Sungguh sangat sangat…

Kejadian seperti ini biasa terjadi karena kita terkadang lupa untuk menyimpan atau nge-save dokumen yang telah kita ketik, atau karena komputer/laptop mati dengan tiba-tiba. Yang lebih kasian lagi bagi sobat yang baterai laptopnya sudah rusak, alias mengandalkan cas-nya saja, jika listrik PLN mati maka disitulah hilang semua harapan. Kesiaaan..

Kali ini saya akan memberikan solusi kepada sobat untuk mengatasi mimpi buruk tersebut.

Kita tidak menyadari bahwa si Microsoft Word tempat kita untuk mengetik, ternyata menyediakan fasilitas untuk menyimpan dokumen yang kita ketik secara otomatis alias AutoSave. Autosave akan otomatis menyimpan dokumen yang telah kita ketik sesuai waktu yang kita telah atur. Setiap satu menit, lima menit dan sebagainya.

Oke untuk mengaktifkan autosave di Microsoft word sobat silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

#1. Silahkan buka aplikasi  Microsoft word yang ada dilaptop sobat. Pada contoh ini saya menggunakan Microsoft Office 2016. Tapi jangan khawatir, tempat atau posisi tool untuk semua Microsoft office pasti mirip-mirip juga.

#2. Kemudian klik pada tab File, yang terletak pada pojok kiri atas jendela Word sobat. Seperti pada gambar dibawah ini.
Mengetik tanpa takut dengan AutoSave Microsoft Word


#3. Kemudian klik Option pada bagian kiri bawah. Perhatikan gambar
Mengetik tanpa takut dengan AutoSave Microsoft Word


#4. Kemudian akan tampil jendela Word Option. Klik pada bagian Save. Pada bagian ini perhatikan point berikut:

  • Centang pada bagian Save AutoRecover information every.. dan kemudian atur waktu setiap berapa menit sekali save. Pada contoh ini saya mengaturnya setiap 1 menit.

  • Kemudian jangan lupa centang pada bagian Keep the last autosaved version if I close without saving.

Perhatikan gambar berikut ini.


#5. Langkah terakhir klik OK.

Oke autosave word sobat sudah diaktifkan. Demikian tutorial kali ini semoga bermanfaat, jika ada yang perlu ditanya atau disarankan silahkan tinggalkan komentar sobat di bawah ini.
0 Komentar untuk "Mengetik tanpa takut dengan AutoSave Microsoft Word"

Back To Top