Kami berusaha berbagi cara membuat blog, tips ngeblog, dan hal unik lainnya

Salah Mengatur Custom robots header tags

Custom robots header tags
Membuat blog memang butuh perjuangan. Maklum masih saya baru masih baru dalam dunia blog. Beberapa bulan yang lalu saya memutuskan untuk belajar lebih dalam mengenai SEO. Setelah belajar mengenai cara membuat blogdengan lengkap
kemudian Saya berusaha untuk menerapkan semua tutorial tentang SEO. Semua tips yang diberikan oleh para master Seo dalam tutorial blognya, semua saya usahakan untuk diterapkan dalam blog yang saya buat. Termasuk header tags.

Baru-baru ini saya membaca tutorial dari Mas Sugeng tentang cara agar blog kita lebih SEO friendly. Disana ada cara memasang robot.txt yang Seo dan sebagainya. Termasuk cara mengatur custom robots header tags di blogger.com.

Custom robots header tags yang disarankan oleh blog mas sugeng seperti berikut.
Custom robots header tags
Custom robots header tags yang disarankan
Kemudian saya berusaha menggunakan pengaturan custom robots header tags tersebut di blog yang saya miliki. Tapi apa yang terjadi? Saya melakukan kesalahan yang fatal. Saya mengatur custom robots header tags SALAH tidak seperti yang disarankan melainkan seperti berikut ini.
 
Custom robots header tags
Custom robots header tags yang Salah
Alhasil, semua artikel yang sudah saya posting sekitar 50 artikel, semuanya hilang dari pencarian google. Sempat muncul di halaman pertama google untuk kategori tertentu. Kemudian semuanya hilang tanpa jejak. Semua halaman yang sudah terindeks menjadi hilang dari google. Ranking alexa yang dulunya hanya satu jutaan menjadi dua juta tujuh ratus, malah sampai hilang rankingnya. Ini merupakan pengalaman yang paling buruk bagi saya.

Sempat menulis artikel frustasi ranking turun karena kesalahan saya tersebut.
Kemudian beberapa hari setelah kejadian tersebut. Saya berusaha mencari tahu apa yang menyebabkan artikel yang saya posting hilang dari google indeks. Setelah mengetahui penyebabnya, ternyata saya salah mengatur custom robots header tags. Salah liat, salah centang, Yang seharusnya pada Archive malah dicentang di bagian postingan.

Setelah merubahnya sesuai dengan pengaturan custom robots header tags yang benar. Blog saya berangsur membaik, kaya orang sembuh dari demam. Halaman yang awalnya hilang mulai muncul. Yang tadinya sepi pengunjung mulai datang pengunjung, walaupun hanya sedikit. Kemudian Ranking alexa yang tadinya dua juta tujuh ratus menjadi dua juta dua ratus yah lumayanlah.


Semoga dengan kejadian ini saya akan selalu berhati-hati dalam mengatur blog saya. Dan juga bagi teman-teman agar tidak mengalami kejadian seperti ini. Karena kesalahan seperti ini akan menenyebabkan hilangnya blog kita dari google. Sedangkan google merupakan search engine yang sering dipakai oleh banyak orang. Bayangkan blog sobat hilang dari pencarian google. Maka hilanglah peluang blog anda tampil di halaman pencarian google. Kemudian kita akan kehilangan pengunjung. Oke demikian semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "Salah Mengatur Custom robots header tags"

Back To Top