Kami berusaha berbagi cara membuat blog, tips ngeblog, dan hal unik lainnya

Apa itu blog?

Apa itu blog?

Woles aja bro!  Saya sarankan terlebih dahulu sobat siapkan makanan dan kopi atau teh hangat. Supaya lebih rileks aja sob. Oke, mengawali tutorial lengkap membuat blog di blogger.com, saya mengajak anda untuk mengenali terlebih dahulu apa sebenarnya blog itu.

Perkenalan merupakan awal yang paling baik. Pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang. Tak sayang maka tak cinta. Jika tak cinta maka kebersamaan anda dengan blog akan berlangsung singkat. Alias akan cepat berlalu begitu saja. Untuk itu mari kita awali dengan perkenalan.

Adapun topik yang akan kita bicarakan pada bagian Pengenalan Blog ini yaitu:

Apa itu blog? 

1. Sejarah blogger.com 
Pada 23 Agustus 1999, Blogger diluncurkan oleh Pyra Labs. Sebagai salah satu perangkat publikasi blog pertama di dunia, Blogger berperan dalam mempopulerkan format blog di dunia. Pada Februari 2003, Pyra Labs diakusisi oleh Google, membuat sejumlah fitur premium Blogger yang sebelumnya dikomersialkan Pyra Labs menjadi layanan yang sepenuhnya gratis. Pada Oktober 2004, salah satu pendiri Pyra Labs, Evan Williams, mengundurkan diri dari Google.

Pada tahun 2004, Google membeli Picasa, dan mengintegrasikannya dengan Blogger sehingga pengguna Picasa dapat mempublikasikan koleksi foto miliknya ke situs blognya.

Pada 9 Mei 2004, Blogger memperkenalkan beberapa perubahan besar pada sistem publikasi blognya, menambahkan fitur seperti templat yang memenuhi standar web, halaman arsip individual untuk masing-masing posting dan komentar, serta fitur posting melalui email.

Pada 14 Agustus 2006, Blogger meluncurkan versi terbarunya dalam tahap beta, yang diberi nama kode "Invader". Versi terbaru ini memigrasikan pengguna Blogger ke server milik Google dan menambahkan beberapa fitur baru. Pada Desember 2006, versi baru ini keluar dari tahap beta. Mei 2007, Blogger selesai memigrasikan semua data penggunanya ke server Google.

Lebih lengkap baca: http://id.wikipedia.org/wiki/Blogger_(layanan)

2. Mengapa harus ngeblog? 


Mengapa harus ngeblog?

a. Apa alasan dan tujuan ngeblog ?
Jika kita hendak membuat blog atau memasuki dunia blog tentu saja ada pertanyaan dalam diri kita. Apa tujuan yang akan kita dapat dari kegiatan ngeblog?  Setidaknya dengan adanya tujuan, maka kita mengetahui arah kemana kita akan melangkah. Anda harus mempersiapkan tujuan anda sendiri. Untuk menjawab pertanyaan ini, haruslah kita tanyakan pada diri kita apa yang nantinya akan menjadi tujuan kita. Menurut saya ada beberapa tujuan kita dalam membuat blog.
# Saling berbagi dengan teman-teman.
# Ingin menambah pengetahuan dan pengalaman ngeblog.
# Atau hanya untuk iseng-iseng posting sembarang artikel.
# Ingin mendapatkan uang yang banyak dari hasil membuat blog.
Jika disuruh untuk memilih, maka saya akan berpikir lebih simpel, realistis dan duniawi. Sepertinya tujuan pada poin nomor empat adalah tujuan utama saya. Sejak awal membuat blog ini. Tujuan awal saya adalah untuk latihan tentang bagaimana cara mempraktekkan teknik Search Engine
Optimization (SEO) dan menghasilkan banyak uang. Terdengar sangat serakah ya bro, hahai oke woles aja mungkin sobat mempunyai tujuan masing-masing dalam memasuki  dunia blog.

b. Apa manfaat membuat blog ?
Beberapa waktu yang lalu saya sempat posting artikel mengenai apa manfaat ngeblog? Mengapa harus ngeblog? Di dalamnya berisi manfaat yang saya rasakan setelah mulai memasuki dunia blog.

Saya misalkan begini bro , saya ingin mendapatkan uang dari blog, untuk menghasilkan uang dari blog pastinya harus mempunyai blog dengan ranking yang tinggi. Menarik banyak pengunjung, banyak penggemar dan sebagainya. Lalu bagaimana agar banyak pengunjung di blog kita? Salah astu caranya adalah blog kita harus mempunyai hal yang dibutuhkan oleh pengunjung. Kita harus menyediakan pengunjung yang dibutuhkannya, menulis artikel dengan kualitas yang baik, original dan terbaru kemudian memberikannya kepada pembaca.

Untuk melakukan itu semua pasti memerlukan bahan untuk ditulis. Kita harus melatih kemampuan kita untuk menulis artikel dengan kualitas yang baik, lalu dari mana kita dapatkan hal-hal yang bermanfaat untuk diposting? Melalui belajar dan membaca informasi yang banyak.

Secara tidak sadar kita akan melatih kemampuan kita dalam menulis. Kita juga akan melatih kemampuan kita dalam membaca cepat. Dengan banyak membaca kita akan mendapatkan wawasan yang lebih luas. Lebih khusus lagi jika nantinya ada tugas kuliah membuat laporan atau makalah kita tidak kaget lagi menulis paragraf yang panjang-panjang.
Ngeblog sungguh sangat bermanfaat.

Untuk lebih lengkapnya silahkan baca : mengapa harus ngeblog?

3. Orang yang sukses dalam ngeblog 
Banyak orang-orang yang sukses dalam dunia blog. Berikut beberapa orang yang terkenal di blog

Lebih lengkap silahkan baca: Kaesang putra jokowi ngeblog 

Menjadi Jutawan dari hasil blog



# Kesimpulan.
Setelah kita mengetahui beberapa manfaat dan tujuan kita ngeblog, Saya merasa tidak ada salahnya untuk mulai membuat blog. Kita tidak dipaksa untuk membuat blog dan menghabiskan waktu kita hanya untuk ngeblog. Tapi dengan tujuan dan manfaat yang akan kita rasakan marilah kita mulai ngeblog.

Silahkan menuju langkah Kedua
Tag : Tips ngeblog
0 Komentar untuk "Apa itu blog?"

Back To Top